CubesPedia: Banyak Orang Jidatnya Hitam, Hatinya Lebih Keras dari Fir'aun

CubesPedia

Tribunsantri.com menyajikan berita terhangat yang meliputi isu politik, hukum, peristiwa , dunia islam, pesantren dan lain-lain

Banyak Orang Jidatnya Hitam, Hatinya Lebih Keras dari Fir'aun

by noreply@blogger.com (Tribunsantri.com) on Thursday 05 September 2019 01:29 PM UTC+00 | Tags: wahabi
Banyak Orang Jidatnya Hitam, Hatinya Lebih Keras dari Fir'aun

Tribunsantri.com- Dewasa ini banyak orang mengukur keshalihan seseorang dari ketebalan tanda hitam yang ada dijidatnya, semakin hitam dan tebal jidat seseorang maka semakin dia dianggap sebagai orang yang ahli ibadah dan ahli sujud. Hal ini berdasarkan pemahaman sempit mereka terhadap ayat yang berbunyi :

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ

artinya "Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan Dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. kamu Lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud" (QS. Al-Fath:29).

Banyak orang yang tidak mengetahui makna ayat ini dengan baik, sehingga mereka menafsirkan ayat di atas dengan pemahaman yang keliru. Dan anehnya pemahaman yang salah itu diklaim sebagai pendapat yang paling benar. 

Mereka menyangka bahwa maksud dari bekas sujud itu adalah tanda hitam di dahi karena sujud, bahkan ada sebagian dari mereka yang mencemooh seorang ulama' shalih hanya karena jidatnya tidak hitam maka dianggap ulama yang yang tidak shalih sebab jidatnya seperti kaleng.

Padahal bukan demikian yang dimaksudkan dari ayat tersebut. Pakar tafsir Imam At-Thabari meriwayatkan dengan sanad yang hasan dari Ibnu Abbas bahwa yang dimaksudkan dengan 'tanda mereka…" adalah perilaku yang baik. Dalam sebuah riwayat lain yang beliau nukil juga dengan sanad yang kuat dari Mujahid bahwa yang dimaksudkan bekas sujud adalah kekhusyu'an. Juga diriwayatkan dengan sanad yang hasan dari Qatadah, beliau berkata, "Ciri mereka adalah shalat" (Tafsir Mukhtashar Shahih hal 546).

Sementara, dalam kitab Ibnu Katsir Jilid 7 halaman 361 dijelaskan, bekas sujud yang dimaksud oleh Allah bukan tanda hitam di jidat, tapi wajah yang khusyu dan tawadhu.

Banyak Orang Jidatnya Hitam, Hatinya Lebih Keras dari Fir'aun

Betapa banyak orang yang jidatnya hitam tapi hatinya lebih keras daripada Firaun.
Tags:
  • wahabi
You received this email because you set up a subscription at Feedrabbit. This email was sent to you at gemapediaa@gmail.com. Unsubscribe or change your subscription.